Terapkan Maklumat Kapolri Tentang Covid-19, Begini Langkah Tegas Polda Sulbar

Terkini.id, Mamuju – Maklumat Kapolri tentang larangan berkumpul di luar rumah demi mengantisipasi penyebaran covid-19, Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) menindak lanjuti  dengan  menerapkan pembubaran massa.

Polres Mamasa, Polres Polman dan Polresta Mamuju, pembubaran masyarakat yang tetap keluar rumah berkumpul atau nongkrong di warkop maupun yang bermain futsal sudah mulai dilakukan sejak malam kemarin, Jumat 27 Maret 2020.

“Masing-masing Polres jajaran Polda Sulbar yang kami sebutkan tadi, sudah mulai mengambil langkah serius dengan menggelar operasi ke sejumlah titik. Lokasi yang menjadi target adalah tempat-tempat yang biasa dijadikan berkumpul atau sekedar nongkrong.” ujar AKBP Syamsu Ridwan dalam rilis resminya, Sabtu 28 Maret 2020.

Selain melakukan pembubaran secara santun dan humanis, para personil juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik cafe, warkop, lapangan futsal terkait ancaman pidana bagi setiap orang yang masih berkumpul dalam masa darurat covid-19.

Langkah ini kedepannya akan dilakukan secara menyeluruh di wilayah hukum Polda Sulbar demi pencegahan penyebaran covid-19.

“Apabila masih ditemukan ada masyarakat masih tidak mengindahkan himbauan, maka akan diambil langka tegas, sesuai prosedur hukum, ini sudah perintah Kapolri untuk dilaksanakan sampai ke Daerah. Sehingga kalau masih ada yang melakukan pelanggaran terhadap maklumat ini, maka kami terpaksa ambil tindakan tegas,” ungkap Syamsu.

Menurutnya, langkah ini adalah bentuk keseriusan pihak kepolisian dalam bekerjasama dengan semua pihak untuk menekan penyebaran covid-19 di Sulbar.

“Untuk itu, kami himbau kepada seluruh masyarakat yang ada di Sulbar, demi kebaikan dan keselamatan bersama mohon untuk menahan diri berdiam diri di rumah saja jika tidak ada hal penting atau urgen. Demi mencegah penyebaran covid-19 di Sulbar,” imbuh Kabid Humas.

Untuk Polda Sulbar dan wilayah jajaran lainnya, penegasan pembubaran ditempat keramaian juga akan diberlakukan.

Maklumat Kapolri ini dipertegas Polda Sulbar dan jajarannya dengan memerintahkan para Kapolres serta personilnya, “intinya Kapolda juga telah memerintahkan para Kapolres jajaran serta personilnya untuk mengambil langkah tegas, dengan tetap mengedepankan tindakan persuasif dan humanis,” tandas Syamsu mantan Kapolres Bulukumba.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Sutinah Suhardi Paparkan Program Unggulannya di Hadapan Emak-emak

Awali Agenda Pjs Bupati, Abdul Wahab Sambangi KPU Mamuju

Sosialisasi Kartu Mamuju Keren, Kampanye Perdana Tina-Ado Terkonsentrasi di Dua Kecamatan

Aliansi Petani Sawit Sulbar dan HMI Manakarra Gelar Aksi Unjuk Rasa Menuntut Perusahaan Kelapa Sawit Bayar TBS Sesuai Penetapan

Ketua MPC Pemuda Pancasila Mamuju Serahkan APD ke RS Bhayangkara dan RS Mitra Manakarra

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar